Tafsir 30 Juz

Tafsir 3o Juz Guru Bakhiet

 

Video 1

Kehormatan al-Qur’an ada 20

 

Video 2

Sejarah Al-Qur’an dan Tafsir Alfatihah

 

Video 3

Tafsir

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ۝١

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ ۝٢

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ ۝٣

Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ ۝٤

Pemilik hari Pembalasan.

 

Video 4

Tafsir tentang Ibadah

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ ۝٥

Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan.

 

Video 5

Tafsir tentang Doa

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ ۝٦

Bimbinglah kami ke jalan yang lurus

 

Video 6

Tafisr Al-Baqarah ayat ke 2 & tentang Nabi Musa

 

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَۛ فِيْهِۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ ۝٢

Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan di dalamnya; (ia merupakan) petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa

 

 

Video 7

Tafsir ayat 275-276 tentang Riba

 

يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ ۝٢٧٦

Allah menghilangkan (keberkahan dari) riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang sangat kufur lagi bergelimang dosa.

 

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتَوُا الزَّكٰوةَ لَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ ۝٢٧٧

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, beramal saleh, menegakkan salat, dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan tidak (pula) mereka bersedih.

·       PETUNJUK UNTUK PEDAGANG TENTANG JUAL BELI YANG BENAR

Surat An-Nur Ayat 37

رِجَالٌ لَا تُلْهِيهِمْ تِجَارَةٌ وَلَا بَيْعٌ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ۙ يَخَافُونَ يَوْمًا تَتَقَلَّبُ فِيهِ الْقُلُوبُ وَالْأَبْصَارُ

laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang.

·       PETUNJUK UNTUK PARA DA’I AGAR BERAMAL SESUATU YANG DIPERINTAHKANNYA

۞ اَتَأْمُرُوْنَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنْسَوْنَ اَنْفُسَكُمْ وَاَنْتُمْ تَتْلُوْنَ الْكِتٰبَ ۗ اَفَلَا تَعْقِلُوْنَ ﴿البقرة : ۴۴

 

Mengapa kamu menyuruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedangkan kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca Kitab (Taurat)? Tidakkah kamu mengerti? (QS. Al-Baqarah: 44)

 

Maka dari itu shodaqoh yang dikeluarkan da’i atau ulama itu afdholnya dilakukan secara terang terangan dan terbuka agar ummat tau dan menjadi contoh dan panutan dan terbebas dari fitnah.

·       PETUNJUK UNTUK PARA PEJABAT AGAR AMANAH

QS. Al Isra (17) ayat 34

وَأَوْفُوا بِالْعَهْدِ ۖ إِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْئُولًا

penuhilah janji; sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya.

Pejabat yang amanah 1 hari lebih baik dari ibadah rakyat 60 tahun begitu juga jika khianat dan maksiat maka lebih lebih dosa 60 tahun dari rakyatnya. Makanya umar bin Khottob sangat takut di hisab kaitannya dengan hal ini.

 

Video 8

Tafisr al-Baqarah ayat 3,4 dan 5

 

الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَۙ ۝٣

(yaitu) orang-orang yang beriman pada yang gaib, menegakkan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka

وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَۚ وَبِالْاٰخِرَةِ هُمْ يُوْقِنُوْنَۗ ۝٤

dan mereka yang beriman pada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (Nabi Muhammad) dan (kitab-kitab suci) yang telah diturunkan sebelum engkau dan mereka yakin akan adanya akhirat.

اُولٰۤىِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْۙ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ ۝٥

Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

·       مفتاح الهدى و الفلاح خمسة

1.    الإيمان بِالْغَيْبِ

2.    إقامة الصَّلٰوةَ

3.    إقناع بمال الحلال في الأمر المشروع

4.    إيمان بالقرأن و الكتب السموي

5.    اليقين بالأخرة

 

Video 9

Tafisr surat ali Imron ayat 33-37

 

۞ اِنَّ اللّٰهَ اصْطَفٰىٓ اٰدَمَ وَنُوْحًا وَّاٰلَ اِبْرٰهِيْمَ وَاٰلَ عِمْرٰنَ عَلَى الْعٰلَمِيْنَۙ ۝٣٣

Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim, dan keluarga Imran atas seluruh alam (manusia pada zamannya masing-masing).

ذُرِّيَّةً ۢ بَعْضُهَا مِنْۢ بَعْضٍۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌۚ ۝٣٤

(Mereka adalah) satu keturunan, sebagiannya adalah (keturunan) dari sebagian yang lain. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

اِذْ قَالَتِ امْرَاَتُ عِمْرٰنَ رَبِّ اِنِّيْ نَذَرْتُ لَكَ مَا فِيْ بَطْنِيْ مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ ۝٣٥

(Ingatlah) ketika istri Imran berkata, “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada-Mu apa yang ada di dalam kandunganku murni untuk-Mu (berkhidmat di Baitulmaqdis). Maka, terimalah (nazar itu) dariku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ اِنِّيْ وَضَعْتُهَآ اُنْثٰىۗ وَاللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْۗ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْاُنْثٰىۚ وَاِنِّيْ سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَاِنِّيْٓ اُعِيْذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِ ۝٣٦

Ketika melahirkannya, dia berkata, “Wahai Tuhanku, aku telah melahirkan anak perempuan.” Padahal, Allah lebih tahu apa yang dia (istri Imran) lahirkan. “Laki-laki tidak sama dengan perempuan. Aku memberinya nama Maryam serta memohon perlindungan-Mu untuknya dan anak cucunya dari setan yang terkutuk.”

 

فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُوْلٍ حَسَنٍ وَّاَنْۢبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًاۖ وَّكَفَّلَهَا زَكَرِيَّاۗ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَۙ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًاۚ قَالَ يٰمَرْيَمُ اَنّٰى لَكِ هٰذَاۗ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِۗ اِنَّ اللّٰهَ يَرْزُقُ مَنْ يَّشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ ۝٣٧

Dia (Allah) menerimanya (Maryam) dengan penerimaan yang baik, membesarkannya dengan pertumbuhan yang baik, dan menyerahkan pemeliharaannya kepada Zakaria. Setiap kali Zakaria masuk menemui di mihrabnya, dia mendapati makanan di sisinya. Dia berkata, “Wahai Maryam, dari mana ini engkau peroleh?” Dia (Maryam) menjawab, “Itu dari Allah.” Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.

 

Kisah tentang Nabi Adam dan Siti Hawa terkait dengan sifat Tamak.

Celaka jika jadi budak Istri (تعس عبد الزوجة) maksudnya jika istri minta 10 maka berikan saja 4 jangan semua. Kalau semuanya maka disebut abdujjauzah.

 

Siapa Keluarga Imron

Istri Imran ialah Hana binti Faqudz yang dikenal sebagai perempuan salihah pada masanya. Imran mempunyai anak perempuan salihah yang bernama Asy-ya’. Perempuan ini kemudian menikah dengan Nabi Zakariya AS. Mereka memiliki seorang putra yang dipilih oleh Allah sebagai utusan-Nya, yaitu Nabi Yahya AS.

Anak kedua mereka adalah Maryam. Nama perempuan Muslimah ini kemudian diabadikan dalam satu surah di dalam Al-Quran (مريم خادمة الرب). Maryam adalah ibunda yang melahirkan Nabi Isa AS.


Video 10 dan 11

SURAT ANNISA

Ada 4 ayat yang membuat Abdullah bin Mas’ud senang:

1.  QS. An-Nisa' Ayat 31 TENTANG DOSA BESAR

اِنْ تَجْتَنِبُوْا كَبَاۤىِٕرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَنُدْخِلْكُمْ مُّدْخَلًا كَرِيْمًا

31. Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu dan akan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).

2. QS.An-Nisa' Ayat 40 TENTANG PAHALA BERLIPATGANDA

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ ۚوَاِنْ تَكُ حَسَنَةً يُّضٰعِفْهَا وَيُؤْتِ مِنْ لَّدُنْهُ اَجْرًا عَظِيْمًا

40. Sungguh, Allah tidak akan menzalimi seseorang walaupun sebesar dzarrah, dan jika ada kebajikan (sekecil dzarrah), niscaya Allah akan melipatgandakannya dan memberikan pahala yang besar dari sisi-Nya.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم عن فضل قيام الليل: "صلاة في مسجدي تعدل بعشرة آلاف صلاة وصلاة في المسجد الحرام تعدل بمائة آلاف صلاة وصلاة في الرباط تعدل بألفي صلاة وأكثر من ذلك كله ركعتان في جوف الليل".

 

3. QS. An-Nisa' Ayat 48 TENTANG SYIRIK

ا اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغْفِرُ اَنْ يُّشْرَكَ بِهٖ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذٰلِكَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۚ وَمَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدِ افْتَرٰٓى اِثْمًا عَظِيْمًا

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar.

الشرك هو أن يعبد  غير الله

Menyembah artinya mengakui ketuhanan siapapun.

 

وَمَآ اَرْسَلْنَا مِنْ رَّسُوْلٍ اِلَّا لِيُطَاعَ بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَلَوْ اَنَّهُمْ اِذْ ظَّلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ جَاۤءُوْكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللّٰهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُوْلُ لَوَجَدُوا اللّٰهَ تَوَّابًا رَّحِيْمًا

64. Dan Kami tidak mengutus seorang rasul melainkan untuk ditaati dengan izin Allah. Dan sungguh, sekiranya mereka setelah menzalimi dirinya datang kepadamu (Muhammad), lalu memohon ampunan kepada Allah, dan Rasul pun memohonkan ampunan untuk mereka, niscaya mereka mendapati Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

 

4. QS. An-Nisa' Ayat 64

وَمَا أَرْسَلْنَا مِن رَّسُولٍ إِلَّا لِيُطَاعَ بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذ ظَّلَمُوا أَنفُسَهُمْ جَاءُوكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللَّهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللَّهَ تَوَّابًا رَّحِيمًا

Dan Kami tidak mengutus seorang rasul melainkan untuk ditaati dengan izin Allah. Dan sungguh, sekiranya mereka setelah menzalimi dirinya datang kepadamu (Muhammad), lalu memohon ampunan kepada Allah, dan Rasul pun memohonkan ampunan untuk mereka, niscaya mereka mendapati Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.


Video 12

SURAT AL-MAIDAH

QS. Al-Ma'idah Ayat 114

قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Isa putra Maryam berdoa, “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.”

۞ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوا الْيَهُوْدَ وَالنَّصٰرٰٓى اَوْلِيَاۤءَ ۘ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۗ وَمَنْ يَّتَوَلَّهُمْ مِّنْكُمْ فَاِنَّهٗ مِنْهُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ

51. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan orang Yahudi dan Nasrani sebagai teman setia(mu); mereka satu sama lain saling melindungi. Barangsiapa di antara kamu yang menjadikan mereka teman setia, maka sesungguhnya dia termasuk golongan mereka. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

 

QS. Al-Ma'idah Ayat 87

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحَرِّمُوْا طَيِّبٰتِ مَآ اَحَلَّ اللّٰهُ لَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوْا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَ

87. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengharamkan apa yang baik yang telah dihalalkan Allah kepadamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

Silahkan gunakan yang halal yang penting jangan untuk dosa dan melampaui pantas.

 

Video 13

SURAT AL-AN’AM

 

وَجَعَلُوْا لِلّٰهِ مِمَّا ذَرَاَ مِنَ الْحَرْثِ وَالْاَنْعَامِ نَصِيْبًا فَقَالُوْا هٰذَا لِلّٰهِ بِزَعْمِهِمْ وَهٰذَا لِشُرَكَاۤىِٕنَاۚ فَمَا كَانَ لِشُرَكَاۤىِٕهِمْ فَلَا يَصِلُ اِلَى اللّٰهِ ۚوَمَا كَانَ لِلّٰهِ فَهُوَ يَصِلُ اِلٰى شُرَكَاۤىِٕهِمْۗ سَاۤءَ مَا يَحْكُمُوْنَ

136. Dan mereka menyediakan sebagian hasil tanaman dan hewan (bagian) untuk Allah sambil berkata menurut persangkaan mereka, “Ini untuk Allah dan yang ini untuk berhala-berhala kami.” Bagian yang untuk berhala-berhala mereka tidak akan sampai kepada Allah, dan bagian yang untuk Allah akan sampai kepada berhala-berhala mereka. Sangat buruk ketetapan mereka itu.

·       Kalau ekonomi atau usaha lagi macet maka jangan yang untuk Allah yang dipotong atau ditiadakan.

·       Orang jahiliyah takut sekali dengan kefakiran, maka dikubur wanita sejak kecil.

·       Perilaku positif kaum jahiliyah :1. () Jujur dalam perkataan (cerita abu sufyan ketika di tanya tentang muhammad di mekkah). 2. Pencemburu terhadap perempuan dan anak gadisnya.

 

وَعِنْدَهٗ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَآ اِلَّا هُوَۗ وَيَعْلَمُ مَا فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِۗ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَّرَقَةٍ اِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِيْ ظُلُمٰتِ الْاَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَّلَا يَابِسٍ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

59. Dan kunci-kunci semua yang gaib ada pada-Nya; tidak ada yang mengetahui selain Dia. Dia mengetahui apa yang ada di darat dan di laut. Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak diketahui-Nya. Tidak ada sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak pula sesuatu yang basah atau yang kering, yang tidak tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

 

Video 14

SURAT AL’ARAF

A'rāf (bahasa Arab: اَعْراف ) merupakan diantara konsepsi-konsepsi Al-Qur'an tentang Ma'ad. A'rāf adalah sebuah tempat yang terletak diantara penghuni surga dan neraka. Kata ini disebutkan dua kali dalam Al-Qur'an (surah Al-A'raf ayat 46 dan 48).

 

Siapa yang menempati al-a’raf itu?

1.  orang yang seimbang amal baik dan buruknya

amalan yang bisa memberatkan amal di timbangan

Hadits Bukhari Nomor 7008

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَلِمَتَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيلَتَانِ فِي الْمِيزَانِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ada dua kalimat yang disukai Ar Rahman, ringan di lisan dan berat di timbangan, yaituSUBHANALLAH WABIHAMDIHIdan SUBHAANALLAAHIL'AZHIIM."

أن رجلا جاء إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال تولت عني الدنيا وقلت ذاتيدي فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم فأين أنت من صلاة الملائكة وتسبيح الخلائق وبها يرزقون قال فقلت وماذا يا رسول الله قال قل سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم أستغفر الله مائة مرة ما بين طلوع الفجر إلى أن تصلى الصبح تأتيك الدنيا راغمة صاغرة ويخلق الله عز وجل من كل كلمة ملكا يسبح الله تعالى إلى يوم القيامة لك

Bahwasanya seorang laki-laki datang kepada Rasulullah  lalu ia berkata: “Dunia berpaling dariku dan sedikit di tanganku (miskin)”, Lalu Rasulullah  bersabda: “Maka dimanakah kamu dari permohonan rahmat oleh para Malaikat dan tasbih para makhluk, dan dengannya mereka diberi rezeki?” ia berkata: Lalu saya berkata: “Apakah itu wahai Rasulullah?”, Beliau bersabda: “Ucapkanlah: SUBHAANALLAAHI WABIHAMDIHI SUBHAANALLAAHIL ‘AZIIMI ASTAGhFIRULLAH (Maha Suci Allah denga segala pujiNya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung, Saya memohon ampun kepada Allah)” baca seratus (100x) kali antara terbitnya fajar sampai solat subuh maka dunia datang dengan hina dan kecil (tidak sombong) dan Allah ‘Azza Wa Jalla menciptakan dari setiap kata akan satu Malaikat yang mentasbihkan Allah Ta’ala sampai hari kiamat yang pahalanya untukmu”. (Ihya Ulumiddin)

 

Diriwayatkan bahwa seorang sahabat mengeluh kepada Rasulullah saw. dan berkata:

Ya Rasulallah, kenapa dunia seolah-olah tidak menginginkanku, semua usahaku bangkrap,tak jadi, bungkus, peternakan dan pertanianku pun selalu gagal?”

Sambil tersenyum Nabi Muhammad 

mengajarkan tentang tasbihnya para Malaikat, serta tasbihnya penghuni alam semesta yaitu kalimat:

سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم استغفر الله

SUBHAANALLAAHI WA BIHAMDIHI SUBHAANALLAAHIL ‘AZIIM ASTAGhFIRULLAAH.

Lalu Nabi  bersabda:

Bacalah seratus (100) kali sebelum terbit fajar (sehabis solat Qobliyah Subuh), maka dunia akan memohon kepada Allah agar engkau miliki (mengejarmu tanpa kau mengejarnya)”.

Selang beberapa bulan kemudian, sahabat tadi kembali lagi dan bercerita: Ya Rasulallah sekarang aku bingung dengan hartaku kemana harus aku letakkan hasil usaha dan peternakanku kerana banyaknya”. (Diriwayatkan oleh Al Khatib Al Baghdadi dari Imam Malik. Dikutip dari Kitab :  أبواب الفرج oleh Prof. Dr. As Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki)

Adapun hadits Abu Darda’ dari Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:

مَا مِنْ شَيْءٍ أَثْقَلُ فِي الْمِيزَانِ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ  

“Tidak sesuatu yang lebih berat timbangannya di atas mizan dari pada akhlak baik”. (HR. Abu Daud: 4799

2.  Orang yang matisyahid tapi tidak direstui orang tua

3.  Ahli ibadah yang ketika mati belum sempat membayar hutang

4.  Orang orang yang ketika di dunia  dia beramal amalan yang dijamin oleh Allah tidak akan masuk neraka akan tetapi ia memperbuat suatu dosa yang ancamannya tidak akan masuk surga. Contoh : barangsiapa yang sholat 40 kali di masjid nabawi maka di jamin tidak masuk neraka. Begitu juga siapa yang bersholawat 100x sehari maka dijamin selamat dari neraka. Begitu juga yang sholat qobliyah dan badiah dzuhur maka ia akan selamat dari neraka. Tapi dia juga beramal amalan yang menghalanginya masuk surga seperti bakhil (لا يدخل الجنة البخيل). Siapa itu bakhil yaitu orang yang rela mempertaruhkan hartanya walaupun dirinya teraniaya. Contoh: seharusnya iuaran 10,000 tapi ia hanya membayar 5000 dan dia rela jika di caci maki satu kampung.

5.  Anak zina tapi sholeh. Karena badannya tumbuh dari sesuatu yang haram. (ini pendapat sebagian ulama)

 

Para sahabat ahli perang badar memohon untuk bisa berada di al’arof dari pada harus ke neraka terlebih dahulu.

Setelah beberapa tahun orang yang berada di al’araf ini akhirnya masuk surga berkat syafaat Rasulullah Saw (lihat tafsir al-duror mansyur imam syuyuthi)

 

Video 15

SURAT AL-ANFAL (HARTA RAMPASAN PERANG)

Sebelum perang badar maka 3 orang lawan 3 orang. Mereka adalah Ubaidah bin haris melawan Utbah. Hamzah melawan Syaibah bin Robiah dan Ali bin Abi Tholib melawan walid bin Utbah.

Semua kaum muslim menang tapi ubaidah karena terlalu banya luka, akhirnya ia mati juga dan menjadi syahid.

Sebelum perang Rasulullah berdoa :

اللهم أنجز لي ما وعدتني ، اللهم ائتني ما وعدتني ، اللهم إنك إن تهلك هذه العصابة من أهل الإسلام فلا تعبد في الأرض أبدا

Artinya: Ya Allah... berikanlah apa yang kau janjikan kepadaku. Ya Allah... datangkanlah apa yang kau janjikan kepadaku. Ya Allah... jika perkumpulan umat Islam ini dihancurkan, maka engkau tak akan disembah di muka bumi ini"

doa Rasulullah saw dalam perang Badar adalah:

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ

Akhirnya nabi diperintahkan untuk mengambil  segengam pasir dan dilemparkan ke kaum musyrikin dan mata mereka dan akhirnya mereka kelilipan dan tidak melihat.

 

يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْأَنْفَالِ ۖ قُلِ الْأَنْفَالُ لِلَّهِ وَالرَّسُولِ ۖ فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَصْلِحُوا ذَاتَ بَيْنِكُمْ ۖ وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Mereka menanyakan kepadamu tentang (pembagian) harta rampasan perang. Katakanlah: "Harta rampasan perang kepunyaan Allah dan Rasul, oleh sebab itu bertakwalah kepada Allah dan perbaikilah perhubungan di antara sesamamu; dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika kamu adalah orang-orang yang beriman".

Harta rampasan perang dibagi :

4/5 dibagi untuk orang yang ikut perang.

1/5 di bagi 5 (خمس الخمس) : untuk Rasulullah dan keluarganya, fakir miskin, fi sabilllah dan lain sebagainya.

Orang yang ikut perang akan ditambahkan nama () dibelakang namanya karena bangga.

Kita bisa dimasukkan kedalam golongan ahli ibadah syaratnya kita cinta kepada ahli ibadah juga (المرء مع من أحب).

 

Video 16

SURAT TAUBAH

 

اَلَمْ يَعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ هُوَ يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهٖ وَيَأْخُذُ الصَّدَقٰتِ وَاَنَّ اللّٰهَ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Tidakkah mereka mengetahui, bahwa Allah menerima tobat hamba-hamba-Nya dan menerima zakat(nya), dan bahwa Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang?

Kaab bin Malik tidak ikut perang Tabuk karena Malas bukan karena sakit. Setelah perang tabuk selesai, ia meminta maaf kepada Rasulullah Saw. Akhirnya didiamkan 50 malam oleh Nabi sampai turun ayat diatas. Setelah diterima taubatnya oleh Allah akhirnya ka’ab mengeluarkan hartanya untuk disedekahkan kepada kaum muslimin. Gunanya sedekah setelah taubat adalah sebagai :

1.    Rasa Syukur kepada Allah karena diberi hidayah untuk taubat (tanda Syukur)

2.    Shodaqoh itu untuk memancing agar Allah menerima taubat kita.

Alangkah baiknya yang kita sedekahkan itu adalah harta benda yang menyebabkan kita menjadi maksiat seperti sahabat nabi yang mewakafkan kebunnya, karena Ketika ia sholat dikebun, rasa khusyu tidak ada karena menjadi takjub dengan kebunnya yang indah.

التوبة واجبة على الفور إن لم يفعلها سينال :

1-   ذنب المعصية

2-   الإسرار على المعصية

الله يحب التوابين و ان يفعلها سبعين مرة كل يوم. و التوبة أنواع :

1-   التوبة من الكفر

2-   التوبة من المرتد

3-   التوبة من ترك الواجبات

4-   التوبة من ظلم الغير

5-   التوبة من المحرمات التي لا تتعلق بحق الغير مثل شرب الخمر و أكل الخنزير

6-    

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَكُوْنُوْا مَعَ الصّٰدِقِيْنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar.  Attaubah ayat 119.

Imam Ghozali berkata ada 6 syarat menjadi Siddiq.

1-   صدق اللسان

صدق النية (فلا يعمل الطاعة إلا لله) أي الإخلاص. اِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللّٰهِ لَا نُرِيْدُ مِنْكُمْ جَزَاۤءً وَّلَا شُكُوْرًا

(sambil berkata), “Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah karena mengharapkan keridaan Allah, kami tidak mengharap balasan dan terima kasih dari kamu.

 

2-   صدق العزم

Jujur cita-cita. Niat harus kencang dan kuat terus, jangan sampai saya mau shodaqoh tapi sedikit dulu. Atau seperti saya mau jadi pemimpin adil. Tau2 dia merinci tidak akan bisa berlaku adil pada masalah tertenti.

3-   صدق الوفاء بالعزم

Jujur dalam menepati janji. Maka jangan seperti tsa’labah yang tidak jujur dalam menempati janji saat ia masih miskin, hingga menolak zakat dan mati dalam keadaan murtad.

Seharusnya seperti (أنس بن نظر) ketika perang badar, ia tidak ikut, kemudian ia berazam, jika ada perang lagi maka ia akan ikut. Akhirnya ia ikut dan mati dibunuh, ketika didapati tubuhnya ada 80 sayatan pedang, maka turunlah ayat :

مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ رِجَالٌ صَدَقُوْا مَا عَاهَدُوا اللّٰهَ عَلَيْهِ ۚ فَمِنْهُمْ مَّنْ قَضٰى نَحْبَهٗۙ وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّنْتَظِرُ ۖوَمَا بَدَّلُوْا تَبْدِيْلًاۙ

Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah. Dan di antara mereka ada yang gugur, dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka sedikit pun tidak mengubah (janjinya),

4-   صدق الأعمال وهو ظاهر صالح و لكن الباطن أصلح من ظاهره كمثل دعاء النبي

اللهم اجعل سريرتي خيرا من علانيتي واجعل علانيتي صالحة

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah hatiku lebih baik dari kepribadian luarku dan jadikanlah kepribadian luarku shaleh.’

Kalau kita pakai kopiah dan jilbab maka sepatutnya sampai hati pun pakai kopiah dan hijab. Kalau fisik kita tunduk maka sampai hatipun harus Taswadhu.

5-   صدق في مقامات الدين مثل مقام التوبة والزهد

Kalau sudah taubat, maka harus sampai hati tidak zina, khamar dan riba lagi.

Jika kita telah melakukan 6 hal ini maka kita menjadi AHLI SHIDIQ dan masuk surga firdaus. Amin.

 

Video 17

SURAT YUNUS

﴿فَلَوْلَا كَانَتْ قَرْيَةٌ آمَنَتْ فَنَفَعَهَا إِيمَانُهَا إِلَّا قَوْمَ يُونُسَ لَمَّا آمَنُوا كَشَفْنَا عَنْهُمْ عَذَابَ الْخِزْيِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَمَتَّعْنَاهُمْ إِلَىٰ حِينٍ﴾ يونس: 98]

Dan mengapa tidak ada (penduduk) suatu kota yang beriman, lalu imannya itu bermanfaat kepadanya selain kaum Yunus? Tatkala mereka (kaum Yunus itu), beriman, Kami hilangkan dari mereka azab yang menghinakan dalam kehidupan dunia, dan Kami beri kesenangan kepada mereka sampai kepada waktu yang tertentu. [Yunus: 98]

 

Khusus umat nabi yunus bisa diterima imannya walaupun telah diazag. Berbeda dengan firaun yang tidak diterima lagi imannya setelah diazab dan ditenggelamkan di laut merah.

Nabi Yunus diutus ke daerah NINAWA yang berada di Maushil sekarang Musul di Irak sekitar 600 KM dari kota Bagdad. Waktu itu ia berumur 30 tahun. Kemudian dia berdakwah selama 33 tahun dan yang beriman hanya 2 orang saja yang bernama Rubil dan Tanukha dan keduanya menjadi ulama ahli hikmah.

Kemudian Nabi Yunus berjanju jika mereka tidak beriman setelah 3 hari maka akan turun azab dari Allah. Dan benar terjadi, turunlah awan hitam yang telah terkumpul diatas kepala mereka, dan sebelum azab diturunkan mereka bertaubat dan beriman, dan kemudian taubat dan iman mereka diterima oleh Allah Swt, sedangkan Nabi Yunus sudah keluar kampung dan menyebrang lautan menggunakan perahu, dan tiba tiba perahunya goyang. Menurut kebiasaan setempat, jika terjadi hal seperti itu maka harus ada yang dikeluarkan dari perahu melalui undian. Dan keluarlah nama Nabi Yunus. Setelah itu nabi yunus di tenggelamkan ke lautan dan di makan ikan besar. Nabi Yunus berada di perut ikan tersebut selama 3 hari, bertaubat dan mengucapkan tasbih. “Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: “Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin”. (Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya).

Hikmah dari cerita ini:

1.  Iman dan taubat tidak diterima jika sudah di azab dan matahari terbit dari barat dan ruh sudah di tenggorokan (حلقوم)

2.  Nabi Yunus tidak minta dikeluarkan dari perut ikan, tetapi yang dilakukan adalah dengan terus berzikir (لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ) Jika umat Nabi Muhammad membaca zikir ini 40 x setelah sholat witir maka hati akan lapang, hutang lunas dan diberikan jalan keluar oleh Allah Swt. Dan jika dibaca saat sakit dan kemudian dia mati makan akan diberi pahala mati syahid dan jika sembuh dosanya diampuni oleh Allah Swt.

 

قُلْ بِفَضْلِ ٱللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِۦ فَبِذَٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوا۟ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُونَ

Artinya: Katakanlah: "Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan". Surat Yunus Ayat 58

Ayat ini menunjukkan bahwa agar kita bergenbira karena mendapatkan Anugrah dan Rahmat Allah. Jadi setelah kita selesai sholat, sedekah, haji misalnya, maka jangan gembira karena telah menyelesaikan rangkaian ibadah tersebut, akan tetapi bergembira karena telah mendapatkan keutamaan dan rahmat yang datangnya dari Allah Swt sehingga dengan keduanya kita bisa menjalankan ibadah tersebut. Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan penyakit ujub, sombong dalam diri kita.

Ada tiga kelompok dalam menyikapi “nikmat Allah”

1.  (قسم يفرح بالنعمة و يتلذذ بها لا يرى المنعم إن أقبلت اشتغلها بها و إن فقد إشتغلها بفقدها) dia menikmati makan tetapi tidak ingat Allah Swt, maka kelompok ini lebih sesat daripada binatang.

2.  (قسم يفرح بالنعمة و أنه من الله ) Gembiranya bukan karena makanan. Maka ketika datang nikmat, maka ia langsung menyebut bahwa semua ini karena keutamaan dan rahmat dari Allah. Jadi sekecil apapun nikmat yang ada, disyukuri bahwa Allah masih memperhatikan dan ingat kepada kita, maka karena itulah kita bergembira. Kelompok ini disebut dengan (خواص). Ketika makan dia berdoa (الحمد لله الذي اطعمني من غير حول و لا قوة)

3.  (قسم يفرح بالله و يتلذذ بذكره و مدحه) senangnya hanya kepada Allah, dan kemudian bersenang senang dengan Allah melalui zikrullah. Jadi, ketika makanan datang dia gembira dengan Allah, dan bersenang-senang dengan zikir kepada Allah dan tidak menghiraukan makanan. Ini kelompok di sebut dengan (صديقون). Dikitab ihya ada dua pasangan suami istri yang ketika di malam pertamanya, keduanya menikmati ibadah kepada Allah karena merasa doa keduanya sudah dikabulkan Allah Swt, dan ini berlalu beberapa hari setelah menikah.

 

Video 18

SURAT HUD

Ayat ke 50 =

وَاِلٰى عَادٍ اَخَاهُمْ هُوْدًا ۗقَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗ ۗاِنْ اَنْتُمْ اِلَّا مُفْتَرُوْنَ 

Kepada (kaum) ‘Ad (Kami utus) saudara mereka, Hud. Dia berkata, “Wahai kaumku, sembahlah Allah! Sekali-kali tidak ada tuhan bagimu selain Dia. (Selama ini) kamu hanyalah mengada-ada (dengan mempersekutukan Allah).

·       Kaum Ad ini adalah penyembah berhala pertama di dunia setelah semua ummat dihancurkan oleh tsunami zaman nabi Nuh.

·       Bangsa ad ini bangsa yang besar badannya dan kepala mereka seperti kubah dan tingginya 70 sampai 100 hasta.

·       Dan mereka menantang nabi hud dg berkata siapa yang paling kuat dengan kami, maka di azab Allah dengan angin “aqim” yang besar yang menerbangkan unta, dan mereka mati semua, dan allah selamatkan nabi hud dan orang yang beriman. Dan hud berdiam di hadramaut sampai meninggal dunia. Karangan syekh ahmad annajar dalam kitab qishosul anbiya.

·       Rasulullah bersabda: bahwa nanti akan dikirim angin aqim “rih aqim” yang membinasakan bangsa ad bila mana umatku sudah minum arak, makan riba, Wanita sebagai penghibur, putus silaturahim dan memakai pakian sutra menjadi kebiasaan.

Ayat 15 - 16

مَنْ كَانَ يُرِيْدُ الْحَيٰوةَ الدُّنْيَا وَزِيْنَتَهَا نُوَفِّ اِلَيْهِمْ اَعْمَالَهُمْ فِيْهَا وَهُمْ فِيْهَا لَا يُبْخَسُوْنَ 

Siapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, pasti Kami berikan kepada mereka (balasan) perbuatan mereka di dalamnya dengan sempurna dan mereka di dunia tidak akan dirugikan.

 اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ لَيْسَ لَهُمْ فِى الْاٰخِرَةِ اِلَّا النَّارُ ۖوَحَبِطَ مَا صَنَعُوْا فِيْهَا وَبٰطِلٌ مَّا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ 

Mereka itulah orang-orang yang tidak memperoleh (sesuatu) di akhirat kecuali neraka, sia-sialah apa yang telah mereka usahakan (di dunia), dan batallah apa yang dahulu selalu mereka kerjakan.

·       Ayat ini turun kepada kaum munafiqin Madinah yang ikut berperang hanya untuk mendapatkan rampasan perang. Maka mereka akan mendapatkannya tapi di akhirat dapat neraka karena tujuannya dunia.

·       Kata imam qurtubi, ini ayat untuk orang yang riya.

·       Semuanya kita bisa kena riya termasuk ulama. Dan digolongkan riya itu termasuk dosa besar.

·       Rasulullah bersabda : iyyaka an syirki Asghar? Yaitu riya

·       Yaqulullah azza wajal: izhabu ilalladzi turoun alikum amal fi dunnay

·       Riya itu artinya qosdul ibad bitoatillah. Yaitu berbuat taat kepada allah tapi tujuannya adalah manusia atau makhluk allah.

·       Kalua kita tidak berbuat taat ibadah dan tujuannya manusia maka itu tidak masalah. Tapi kalua riya demikian.

·       Riya itu ada 4 rukun kata imam Ghazali. () muro’I atau abid atau orang yang riya, () muro’a atau orang yang diriyai, atau makhluk allah, () almuro’a bihi, yang diriyakan (ibadah), almuro’a liajlih () tujuan riyanya apa?.

·       Ibadah yang diriyai ada tingkatan bisa iman, ibadah fardu atau ibadah sunnah.

·       Tujuan riya, juga ada tingkatan yang pertama dengan tujuan yang haram, mubah, menghindari ejekan orang.

·       Riya itu ada 4 derajat : (la yuridullah asla) dia tidak menghendaki allah sama sekali seperti mau sholat jika di rumah mertua. () dia beribadah karena manusia dan karena allah tapi karena allahnya sedikit. () dia beribadah karena allah dan manusia dan sama derajatnya. Ini kata ulama tidak berdosa dan tidak berpahala. () dia beribadah karena allah dan karena manusa sedikit (dia akan tetap beribadah walaupun tidak ada manusia walaupun malas ibadahnya), yang ini diharapkan dapat pahala dan menghapus dosa yang sedikit itu.

·       Imam Ghazali mengatakan mengobati diri dari riya itu fardu ain. Bagaimana cara mengobatinya. (1) ilmu pengetahuan bahwa riya itu bahanya berat, ibadahnya tidak diterima dan masuk neraka. (2) ikfaul ibadah. Menyembunyikan ibadah. Yang sudah dikerjakan maka jangan diceritakan ke orang lain.

·       Kebalikan dari riya itu adalah Ikhlas.

·       Derajat Ikhlas (1) beribadah semata mata karena Allah. Karena menjunjung tinggi perintah allah. Karena perintah Allah (2) beribadah menginginkan surganya Allah, (3) ibadah karena takut neraka. 

     Video 19


   Video 20

   Surat Ar-Ra'du

Surat Ar-Ra’d Ayat 13

·       وَيُسَبِّحُ ٱلرَّعْدُ بِحَمْدِهِۦ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِۦ وَيُرْسِلُ ٱلصَّوَٰعِقَ فَيُصِيبُ بِهَا مَن يَشَآءُ وَهُمْ يُجَٰدِلُونَ فِى ٱللَّهِ وَهُوَ شَدِيدُ ٱلْمِحَالِ

·       Artinya: Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki, dan mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dialah Tuhan Yang Maha keras siksa-Nya.

·       وأخرج الطبراني ، وأبو الشيخ ، وابن مردويه ، عن ابن عباس قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إذا سمعتم الرعد فاذكروا الله فإنه لا يصيب ذاكرا .

·       وأخرج أبو داود في «مراسيله» عن عبيد الله بن أبي جعفر أن قوما سمعوا الرعد فكبروا فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إذا سمعتم الرعد فسبحوا ولا تكبروا

·       وأخرج ابن أبي شيبة عن ابن عباس أنه كان إذا سمع الرعد قال : سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم .

·       وأخرج ابن أبي حاتم ، عن علي بن الحسين قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إنما الرعد وعيد من الله فإذا سمعتموه فأمسكوا عن الحديث

·       Jadi, ketika mendengar petir atau guntur, Nabi SAW mengajarkan doa sebagai berikut.

§       سُبْحَانَ مَنْ سَبَّحَتْ لَهُ

·       "Subhanalladzi sabbahat lahu," (Mahasuci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya). Atau doa:

·       سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

·       "Subhanalladzi yusabbihur ro'du bi hamdihi wal mala-ikatu min khiifatih," (Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya).

·       Mengapa kita dianjurkan berdoa? Kedahsyatan petir dimaknai umat Islam sebagai bentuk tasbih dari para malaikat penjaga langit. Sebagaimana disebut dalam Alquran, "Dan guruh bertasbih memuji-Nya (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya." (QS ar-Ra'd [13]: 13).

·       Dalam haditsnya, Rasulullah SAW menyebut petir sebagai suara para malaikat. "Ar-Ra'du (petir) adalah malaikat yang diberi tugas mengurus awan dan bersamanya pengoyak dari api yang memindahkan awan sesuai dengan kehendak Allah." (HR Tirmizi).


·       Tafsir Surat Ar-Ra'd, ayat 20-24


·       الَّذِينَ يُوفُونَ بِعَهْدِ اللَّهِ وَلا يَنْقُضُونَ الْمِيثَاقَ (20) وَالَّذِينَ يَصِلُونَ مَا أَمَرَ اللَّهُ بِهِ أَنْ يُوصَلَ وَيَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ وَيَخَافُونَ سُوءَ الْحِسَابِ (21) وَالَّذِينَ صَبَرُوا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلانِيَةً وَيَدْرَءُونَ بِالْحَسَنَةِ السَّيِّئَةَ أُولَئِكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِ (22) جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ وَالْمَلائِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِمْ مِنْ كُلِّ بَابٍ (23) سَلامٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ (24) }

·       (yaitu) orang-orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian, dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkannya, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk. Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan, orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (yaitu) surga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya, dan anak cucunya, sedangkan malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu (sambil mengucapkan), "Keselamatan terlimpahkan kepada kalian berkat kesabaran kalian." Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.

·       Ada 9 sifat orang yang bisa mengumpulkan keluarganya nanti di surga adn; Memenuhi janji Allah, Tidak ingkar janji, Dia silaturahim kepada yang memutuskan silaturahim, Mereka takut kepada Allah, Takut akan hari hisab

·       رسول الله صلى الله عليه وسلم: (من نوقش الحساب عذب) يعني: إذا حصلت مناقشة وأخذ ورد مع المرء هذا لا بد أنه سيعذب، أما الحساب اليسير فهو مجرد عرض الأعمال فقط. وقال عليه الصلاة والسلام: (ليس أحد يحاسب إلا هلك،

·       Kelompok yang masuk surga tanpa di hisab

·       Bukti takut hisab adalah: 1) Orang yang selalu qiyamul lail maka masuk surga tanpa hisab, 2) Pemaaf dg manusia

·       Sabar semata mata karena allah

-         Penyabar itu macam2

·       Menegakkan sholat artinya sholatnya khusu dan sebenar2nya sholat

·       Menafkah kan harta sembunyi dan terang-terangan

·       Setiap perbuatan kejahatan di iringi dg perbuatan baik

·       Abu yasar seorang pedagang di Madinah

·       Setelah itu ia mencium perempuan di tokonya

·       Kata abu bakar dan umar ustur nafsak

·       Kemudian ke rasulullah...

·       Engkau telah mengkhianati istri

·       وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ (114

·       Turunlah ayat ini

·       Bahwa sholat lima waktu bisa menghapuskan dosa

·       Asalkan sekali saja jangan jadi amalan

·       Dosa kecil bisa hilang dg sholat 5 waktu

 

Video 21 

surat Ibrahim


·       Ibrahim : 35       

·       وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الْأَصْنَامَ

·       Kemenag RI 2019 : (Ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Makkah) negeri yang aman dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku dari penyembahan terhadap berhala-berhala.

·       Nabi yang akrab dg kita. Karena selalu di baca saat sholat

·       Ibrahim di lahir kan 3037 tahun setelah nabi adam

·       Pada masa raja namrud

·       Yg mati hanya karena nyamuk yg masuk ke otak sehingga mati raja dunia itu

·       Lahir di kusa babel sekarang kota irak

·       Awal manusia yang bersunat

·       Setelah berumur 120 tahun ATAU 80 tahun

·       Dan menyunat sendiri

·       Imam syafii: sunat wajib bagi laki dan Perempuan

·       Mazhab hambali: perempuan sunnah

·       Bapak peradaban manusia

·       Manusia yang memakai celana

·       Manusia yang pertama mencukur kumis

·       Pertama yang memotong kuku

·       Pertama yang bersiwak

·       Manusia pertama yang hijrah dari Irak ke palestin dan ke mekkah

·       Manusia pertama yg beruban

·       رب زدني وقارا

·       Ya allah tambahkan kepadaku kemapanan

·       Uban itu utusan dari malaikat izrail

·       Maka makruh mencabut uban itu

·       Karena uban itu tanda orang yang sudah matang, mapan, tanda siap menghadap allah

·       "لا تنتفوا الشيب، ما من مسلم يشيب شيبة في الإسلام - قال عن سفيان - إلا كانت له نورا يوم القيامة" وقال في حديث يحيى: "إلا كتب الله له بها حسنة، وحط عنه بها خطيئة".

·       Bapaknya tamu abu doifan

·       Karena awal yang menerima tamu.

·       Bahkan kalau makan ia tidak mau sendiri. Hari mencari orang berbagai km agar makan besama

·       وروى الشيخ الجليل علي بن الحسين المسعودي في كتاب أخبار الزمان أن الله أوحى إلى إبراهيم عليه السلام انك لما سلمت مالك للضيفين وولدك للقربان ونفسك للنيران وقلبك للرحمن اتخذناك خليلا.

·       Maka jadikan engkau sebagai kekasih

·       Maka di sebut kholilurrohman

·       Nanti di alam kubur akan di tanya tentang Ibrahim

·       Ibrahim siapa?

·       Ibrahim itu kholil

·       ابو الأديان

·       Abahnya agama

·       Nabi adam ابو بشر

·       Kalau Nabi Muhammad ابو الأرواح

·       Semua agama samawi menghormati Nabi Ibrahim

·       Ibrahim di puji oleh umat yahudi, nasrani, islam

·       Kalau Nabi musa di caci maki oleh Nasrani

·       Nabi isa di caci yahudi

·       Semua mengakui bahwa Nabi ibrahim agama mereka sampai Allah menurunkan ayat

·       مَا كَانَ إِبْرَٰهِيمُ يَهُودِيًّا وَلَا نَصْرَانِيًّا وَلَٰكِن كَانَ حَنِيفًا مُّسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ ٱلْمُشْرِكِينَ

·       Artinya: Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik.

·       Ibrahim wafat umur 200 tahun dimakamkan di hebron. Kedua Istrinya lebih dahulu meninggal. Dan meninggalkan 13 anak. Hajar melahirkan ismail dan sarah melahirkan ishaq dan sisanya dari qoturoh binti yaqtan dan hujun binti uhaib

·       وإذ قال إبراهيم رب اجعل هذا بلدا آمنا وارزق أهله من الثمرات من آمن منهم بالله واليوم الآخر قال ومن كفر فأمتعه قليلا ثم أضطره إلى عذاب النار وبئس المصير ﴾ [ البقرة: 126]

·       Maka mendoakan kampung dan mendoakan anak itu doa yang di contohnya oleh nabi ibrahim

·       Aman dari gempa dan lainnya yang sifatnya azab allah

·       Mekkah tanah yang paling mulia setelah kuburnya Rasulullah

·       Hadits Tirmidzi Nomor 3860

·       حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَدِيِّ ابْنِ حَمْرَاءَ الزُّهْرِيِّ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاقِفًا عَلَى الْحَزْوَرَةِ فَقَالَ وَاللَّهِ إِنَّكِ لَخَيْرُ أَرْضِ اللَّهِ وَأَحَبُّ أَرْضِ اللَّهِ إِلَى اللَّهِ وَلَوْلَا أَنِّي أُخْرِجْتُ مِنْكِ مَا خَرَجْتُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ صَحِيحٌ وَقَدْ رَوَاهُ يُونُسُ عَنْ الزُّهْرِيِّ نَحْوَهُ وَرَوَاهُ مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَحَدِيثُ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَدِيِّ ابْنِ حَمْرَاءَ عِنْدِي أَصَحُّ

·        

·       Telah menceritakan kepada kami [Qutaibah] telah menceritakan kepada kami [Al Laits] dari ['Uqail] dari [Az Zuhri] dari [Abu Salamah] dari [Abdullah bin 'Adi bin Hamra` Az Zuhri] dia berkata; saya melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdiri di Hazwarah (daerah Makkah) sambil bersabda: "Demi Allah, sesungguhnya kamu (kota Makkah) adalah sebaik-baik tanah Allah, dan tanah yang paling dicintai oleh Allah, seandainya aku tidak diusir dari tempatmu, niscaya saya tidak akan keluar (darimu)." Abu Isa berkata; "Hadits ini adalah hadits hasan gharib shahih, dan telah diriwayatkan pula oleh [Yunus] dari [Az Zuhri] seperti di atas, dan diriwayatkan pula oleh [Muhammad bin 'Amru] dari [Abu Salamah] dari [Abu Hurairah] dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dan menurutku, hadits Az Zuhri dari Abu Salamah dari Abdullah bin 'Adi bin Hamra` itu lebih shahih."

·       [Tirmidzi]

·       وقال الحسن البصري: (صوم يوم بمكة بمائة ألف وصدقة درهم بمائة ألف، وكل حسنة بمائة ألف). ولذلك من الثواب الكبير للعبد أن يترك أثرا طيبا في أفضل بقاع الأرض ومن أعظم الأعمال

·       رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

·       “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah pemimpin  kami dari golongan orang-orang yang bertakwa.”

·       Jadi doa bukan hanya dari anak ke orang tua tapi juga dari orangtua ke anak

·       وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

·       Terjemahan

·       Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

·       Surat Ibrahim ayat ke 7

·       Syukur itu wajib bagi manusia cuma sayangnya sedikit yang bersyukur

·       Syukur itu ada awalan dan ada akhiran

·       Awal Syukur فرح بالمنعم على انعامه

·       Gembira kepada Allah atas nikmat nya

·       Di beri atas rizki, kesehatan, ketentramanya

·       Bagaimana caranya?

·       لِذا يقول النبي محمد (صلى الله عليه وسلم) عن الصبر في الدنيا والقبول بها "خصلتان من كانتا فيه كتبه الله شاكرًا صابرًا: من نظر في دينه إلى من هو فوقه فاقتدى به، ومن نظر في دنياه إلى من هو دونه فحمد الله على ما فضله الله عليه".

·       Saya sholat 2 Rokaat tapi teman kita 8 rokaat

·       Tapi kalau dunia kita hutang 2 jt tapi kawan kita 20 jt

·       Kita senang dg Allah atas anugrahnya

·       Ujungnya Syukur صرف النعم في رضاء المنعم

·       Menggunakan nikmat pada jalan yang di ridhoi allah

·       Dapat 100 senang kepada Allah terus 100 ribu di gunakan untuk yang ridhoin Allah.

·       Itu namanya kita bersyukur atas duit 100 itu

·       Syukur kepada Allah tidak akan bersyukur kecuali ia bersyukur kepada manusia

·       Caranya beda lagi

·       Kalau Syukur kepada manusia

·       Hadits Abu Daud Nomor 1424

·       حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ اسْتَعَاذَ بِاللَّهِ فَأَعِيذُوهُ وَمَنْ سَأَلَ بِاللَّهِ فَأَعْطُوهُ وَمَنْ دَعَاكُمْ فَأَجِيبُوهُ وَمَنْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوفًا فَكَافِئُوهُ فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا مَا تُكَافِئُونَهُ فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَرَوْا أَنَّكُمْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ

·        

·       Telah menceritakan kepada Kami [Utsman bin Abu Syaibah], telah menceritakan kepada Kami [Jarir] dari [Al A'masy] dari [Mujahid] dari [Abdullah bin Umar], ia berkata; Rasulullah shallAllahu wa'alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang berlindung dengan nama Allah, maka lindungilah dia, barang siapa yang meminta-minta dengan nama Allah maka berikanlah kepadanya, barang siapa yang mengundang kalian maka penuhilah undangannya, dan barang siapa yang berbuat kebaikan kepada kalian maka balaslah, kemudian apabila kalian tidak mendapat sesuatu untuk membalasnya maka doakanlah dia hingga kalian melihat bahwa kalian telah membalasnya."

·       Rosulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

·        

·       ومن أتى إليكم معروفًا فكافئوه، فإن لم تجدوا ما تكافئونه فادعوا له حتى تعلموا أن قد كافأتموه

·        

·       "Dan siapa saja yang berbuat baik kepada kalian maka balaslah dengan kebaikan yang setimpal, dan bila kalian belum mendapati sesuatu untuk membalasnya, maka doakanlah kebaikan untuknya sampai kalian membalas budinya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, An-Nasa'i, Ibnu Hibban, Al-Hakim, An-Nawawi dalam "Riyadhussholihin" berkata, "Hadits shohih"

·       Orang yang paling harus kita syukuri yang pertama adalah Rasulullah

·       لا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا إِلَّا الْمَوَدَّةَ فِي الْقُرْبَىٰ

·       Katakanlah, hai Muhammad, kepada orang-orang musyrik dari kaum Quraisy, "Aku tidak meminta sesuatu harta pun dari kamu atas penyampaian dan nasihatku kepada kalian ini sebagai imbalannya yang kamu berikan kepadaku. Sesungguhnya yang aku minta dari kalian ialah hendaknya kalian menghentikan kejahatan kalian kepadaku, dan kalian biarkan aku menyampaikan risalah-risalah Tuhanku. Jika kalian tidak mau membantuku, maka janganlah kalian menggangguku, demi hubungan kekeluargaan yang ada antara aku dan kalian."

·       Rasulullah Saw. berkata kepada mereka (orang-orang musyrik Mekah): Aku tidak meminta kepada kalian atas seruanku ini suatu upah pun kecuali kecintaanmu kepadaku mengingat kekeluargaanku dengan kalian, dan hendaknya kalian pelihara kekeluargaan yang ada antara aku dan kalian ini.

·       Mencintai keluarga dan keturunan Rasulullah dan banyak bersholawat kepada Rasulullah

·       Kalau kita tidak bersyukur kepada Rasulullah apapun ibadah kita di tolak oleh Allah swt

·       Yang kedua, adalah orang tua

·       (أن اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ)

·       Yang ketiga seorang istri kepada suaminya

·       Bagaimana caranya?

·       Mencintai dan menganggap besar penberiannya walau kecil

·       Karena banyak yg masuk neraka karena

·       قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُرِيتُ النَّارَ فَإِذَا أَكْثَرُ أَهْلِهَا النِّسَاءُ يَكْفُرْنَ قِيلَ أَيَكْفُرْنَ بِاللَّهِ قَالَ يَكْفُرْنَ الْعَشِيرَ وَيَكْفُرْنَ الْإِحْسَانَ لَوْ أَحْسَنْتَ إِلَى إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ مَا رَأَيْتُ مِنْكَ

·       ‘Atho’ bin Yasar dari Ibnu ‘Abbas berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Aku diperlihatkan neraka, ternyata kebanyakan penghuninya adalah wanita. Karena mereka sering mengingkari. Ditanyakan: Apakah mereka mengingkari Allah? Beliau bersabda: Mereka mengingkari pemberian suami, mengingkari kebaikan. Seandainya kamu berbuat baik terhadap seseorang dari mereka sepanjang masa, lalu dia melihat satu saja kejelekan darimu maka dia akan berkata: ‘aku belum pernah melihat kebaikan sedikitpun darimu.

·       Hadits ke 28 bab imam shohih bukhori


Video ke 22

Tafsir surat alhijr


·       Karena mengisahkan ashabul hijr, kaum tsamud yang di utus kepada mereka nabi sholeh. Nabi yang kelima. Keturunan nabi nuh yang kesembilan. Tempatnya antara hijaz dan syam. Sekarang masuk negara Saudi arabia.

·       وَلَقَدْ كَذَّبَ أَصْحَابُ الْحِجْرِ الْمُرْسَلِينَ

·       Dan sesungguhnya penduduk negeri Hijr benar-benar telah mendustakan para rasul (mereka),

·       Juz ke-14 | Tafsir ayat ke-80

·       وَآتَيْنَاهُمْ آيَاتِنَا فَكَانُوا عَنْهَا مُعْرِضِينَ

·       dan Kami telah mendatangkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami, tetapi mereka selalu berpaling darinya,

·       Juz ke-14 | Tafsir ayat ke-81

·       وَكَانُوا يَنْحِتُونَ مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا آمِنِينَ

·       dan mereka memahat rumah-rumah dari gunung batu, (yang didiami) dengan rasa aman.

·       Juz ke-14 | Tafsir ayat ke-82

·       فَأَخَذَتْهُمُ الصَّيْحَةُ مُصْبِحِينَ

·       Kemudian mereka dibinasakan oleh suara keras yang mengguntur pada pagi hari,

·       Juz ke-14 | Tafsir ayat ke-83

·       فَمَا أَغْنَىٰ عَنْهُم مَّا كَانُوا يَكْسِبُونَ

·       sehingga tidak berguna bagi mereka, apa yang telah mereka usahakan.

·       Mereka berkata : wahai soleh kalau keluar untuk dari gunung batu itu maka aku beriman kepadamu. Lalu nabi sholeh berdoa dan dikabulkan oleh Allah. Akhirnya batu gunung itu pecah dan keluar batu. Setelah itu lahir seorang anak yang besarnya sama dg induknya. Akhirnya sebagian mereka beriman, sebagian lagi tidak. Kata nabi soleh, unta ini naqotullah, harus di jaga jangan di ganggu. Tapi penduduk menyembelihnya dan menantang nabi nuh. Mana azab yang engkau janjikan. Maka diturunkan azab dan diselamatkan nabi sholeh dan 120 orang beriman. Dan sebanyak 5000 penghuni rumah di binasakan oleh Allah. Kemudian sholeh pindah ke mekkah dan meninggal di sana pada umur 58.

·       Dan sampai sekarang bekas bekas hijr itu masih ada.

·       عن ابن عمر - رضي الله عنهما - قال : لما مر النبي - صلى الله عليه وسلم - بالحجر ، قال : " لا تدخلوا مساكن الذين ظلموا أنفسهم أن يصيبكم ما أصابهم ، إلا أن تكونوا باكين " ، ثم قنع رأسه ، وأسرع السير حتى أجاز الوادي " ، هذا لفظ البخاري

·       عن سالم بن عبد الله ، عن أبيه : أن النبي - صلى الله عليه وسلم - لما مر بالحجر قال : " لا تدخلوا مساكن الذين ظلموا ، إلا أن تكونوا باكين أن يصيبكم ما أصابهم "

·       Para ulama akhirnya mengqiyas kan dg kuburan orang kafir. Maka ketika melewatinya kita harus mempercepat langkah kita. Agar kita tidak terkena azab sebagaimana azab yang di berikan kepada kaum kafir.

·       فَوَرَبِّكَ لَنَسْـَٔلَنَّهُمْ اَجْمَعِيْنَۙ ۝٩٢

·       Maka, demi Tuhanmu, Kami pasti akan menanyai mereka semua,

·       عَمَّا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۝٩٣

·       tentang apa yang telah mereka kerjakan.

·       عن عبد الله بن مسعود ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " ما من عبد يخطو خطوة إلا سئل عنها ما أراد بها " .

·       Allah akan menanyakan setiap langkah kita. Allah bertanya bukannya tidak tahu. Tapi untuk menyenangkan orang yang bertakwa dan menghinakan orang yang durjana.

·       ……مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ، وَاِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ.

·       Artinya: "Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri seorang hamba pada hari kiamat dari amalnya adalah shalat. Jika shalatnya baik, sungguh ia beruntung dan sukses. Jika rusak shalatnya sungguh ia menjadi orang yang merugi." (HR Abu Dawud, An-Nasai dan At-Tirmidzi).

·       وقال ابن عبد البر في الاستذكار: .. عن يحيى بن سعيد أنه بلغه أنه قال: بلغني أن أول ما ينظر فيه من عمل الصلاة، فإن قبلت منه نظر في سائر عمله، وإن لم تقبل منه لم ينظر في شيء من عمله،

·       أن أول ما يحاسب به العبد يوم القيامة من عمله صلاته، فإن صلحت فقد أفلح وأنجح، وإن فسدت فقد خاب وخسر، فإن انتقص من فريضته شيء قال الرب عز وجل: انظروا هل لعبدي من تطوع فيكمل بها ما انتقص من الفريضة، ثم يكون سائر عمله على ذلك.

·       وأنه جاء في إحدى روايات الحديث.. فإن قبلت منه قبل سائر عمله، وإن ردت عليه رد سائر عمله

·       Kalau kita hendak memberikan seorang raja pakaian tentu kita akan membawa pakaian yang paling baik dan indah. Nga mungkin pakaian yang jelek. Bisa di tangkap karena di anggap menngolok ngolok.

·       Sholat bukan hanya sah tapi harus qobul. Dengan cara mengerjakan rukun syarat dan adab di kerjakan. Menjauhkan dari sesuatu yang membatalkan nya. Pakaian, tempat, dan perut kita tidak ada yang haram. Selanjutnya adalah khusyu. Penyempurna sembahyang adalah dg berjamaah di masjid.

·       Fadilah sholat berjamaah 5 waktu akan di beri 5 perkara :

·       ١. يرفع عنه ضيق العيش

·       ٢. يرفع عنه عذاب القير

·       ٣. يعطى كتابه بيمين

·       ٤. يمر على الصراط كبرق الخطيب

·       ٥. يدخل الجنة بغير حساب

·       حديث الرسول صلى الله عليه وسلم (لا تزولُ قَدَمَا عبدٍ يومَ القيامةِ حتَّى يُسألَ عن أربعٍ عَن عُمُرِه فيما أفناهُ وعن جسدِهِ فيما أبلاهُ وعن عِلمِهِ ماذا عَمِلَ فيهِ وعن مالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وفيما أنفقَهُ)،

·       menggunakan uang satu sen untuk maksiat termasuk dosa besar dalam kitab kabair. Karena itu kufur nikmat.

·       Setelah itu jabatan akan di tanya. Bagaimana ia memperoleh jabatan tersebut dan bagaimana menggunakannya.

·       Setelah selesai semua di hisab. Maka akan di tanya kepadanya. Apakah ada seseorang yang mempunyai hak kepada anda atau menzalimi anda. Termasuk anak kita dan saudara. 'Fala ansab' tidak ada nasab keturunan, anak, istri tidak peduli lagi yang penting selamat pada hari itu.

·       Kemudian Allah menyeru kepada penduduk mahsyar. Wahai manusia, sekarang sedang di hisab orang ini, apakah pernah ada yang pernah di zalimi oleh orang ini. Bahkan, ada orang yang datang, orang yang kita tidak kenal dan dia berkata saya pernah berbuat mungkar, dan dia melihat, tapi tidak menegurnya, sehingga saya berbuat dosa.

·       لا ينبغي لأحدٍ من أهلِ الجنةِ أن يَدخلَ الجنةَ وأحدٌ من أهلِ النارِ يُطالبُه بمظلَمَةٍ

·       Abdurrahman bin auf 500 tahun terlambat masuk surga karena banyak urusan saat hisab.

·       Hadits Bukhari Nomor 2269

·       حَدَّثَنَا آدَمُ بْنُ أَبِي إِيَاسٍ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ حَدَّثَنَا سَعِيدٌ الْمَقْبُرِيُّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَيْءٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ الْيَوْمَ قَبْلَ أَنْ لَا يَكُونَ دِينَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْهِ قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ قَالَ إِسْمَاعِيلُ بْنُ أَبِي أُوَيْسٍ إِنَّمَا سُمِّيَ الْمَقْبُرِيَّ لِأَنَّهُ كَانَ نَزَلَ نَاحِيَةَ الْمَقَابِرِ قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ وَسَعِيدٌ الْمَقْبُرِيُّ هُوَ مَوْلَى بَنِي لَيْثٍ وَهُوَ سَعِيدُ بْنُ أَبِي سَعِيدٍ وَاسْمُ أَبِي سَعِيدٍ كَيْسَانُ

·       Telah menceritakan kepada kami [Adam bin Abi Iyas] telah menceritakan kepada kami [Ibnu Abi Dza'bi] telah menceritakan kepada kami [Sa'id Al Maqburiy] dari [Abu Hurairah radliallahu 'anhu] berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Siapa yang pernah berbuat aniaya (zhalim) terhadap kehormatan saudaranya atau sesuatu apapun hendaklah dia meminta kehalalannya (maaf) pada hari ini (di dunia) sebelum datang hari yang ketika itu tidak bermanfaat dinar dan dirham. Jika dia tidak lakukan, maka (nanti pada hari qiyamat) bila dia memiliki amal shalih akan diambil darinya sebanyak kezholimannya. Apabila dia tidak memiliki kebaikan lagi maka keburukan saudaranya yang dizholiminya itu akan diambil lalu ditimpakan kepadanya". Berkata, Abu 'Abdullah Al Bukhariy berkata, Isma'il bin Abi Uwais: "Sa'id dipangil namanya dengan Al Maqburiy karena dia pernah tinggal di pinggiran maqabir (kuburan). Berkata, Abu 'Abdullah Al Bukhariy: Dan Sa'id Al Maqburiy adalah maula Bani Laits yang nama aslinya adalah Sa'id bin Abi Sa'id sedangkan nama Abu Sa'id adalah Kaisan".[Bukhari]

·       Kalau sudah diakhirat nanti tidak ada lagi maaf maafan karena masing masing memikirkan dirinya.

·       Makanya imam ghozali mewajibkan sebagai syarat taubat adalah mengingat ingat setiap harta kita, dari mana kita dapatkan harta itu. Jika ada yang meragukan orang lain maka kita ganti atau minta halal.



Video ke 23

Surat An-Nahl

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).”

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”

Lebah termasuk binatang serangga dan semua serangga di neraka untuk menyiksa orang kecuali lebah.

Lebah itu haram di makan, dan madunya halal. Seperti perempuan halal susu nya dan haram dagingnya. Dan haram membunuh lebah. Madu keluar dari mulut lebah.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : الذُّباب كلُّه فِي النَّارِ إلَّا النَّحلُ . [ صحيح | صحيح الجامع ٣٤٤٢ ] .

العسل شفاء من كل داء

يا عباد الله تداووا فإن الله لم يضع داء إلا وضع له شفاء أو دواء إلا داء واحدا قالوا : يا رسول الله وما هو ؟ قال : الهرم لفظ الترمذي ، وقال : حديث حسن صحيح

Tua itu bukan di obati tapi di sikapi. Jangan mencoba obat awet muda. Rambut jangan di semir muka keriput jangan di kenangkan. Gigi ompong itu isyarat kita jangan makan yang keras karena perut kita Sudah tidak kuat lagi. Mata sudah tidak awas, maka luzumul buyut, diam di rumah, jangan sering jalan jalan lagi.

عن أبي رَزينٍ، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((مَثَل المؤمن مَثَل النحلة، لا تأكُلُ إلا طيِّبًا، ولا تضَعُ إلا طيِّبًا

النحل له خصوصية

١. الإتحاد ٢. طاعة الأمير ٣.تدبير المطعم ٤. ذو شجاعة ٥. النظر في العواقب

﴿۞ إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ﴾

[ النحل: 90]

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. [Nahl: 90]

العدل : عبارة عن الأمر المتواسط بين الإفراط و التفريط

Seperti sholat zuhur 4 Rokaat adil. Jika 3 dan 5 maka tidak adil.

Adil itu ada 3 ;

1. Adil pada i'tiqod : sebagian mengatakan tuhan tidak ada dan ada yang mengatakan tuhan itu banyak. Yang adil itu adalah tuhan  itu ada dan hanya satu.

2. Jabariyah yang menafikan perbuatan hamba semuanya perbuatan Allah. Qodariyah menafikan perbuatan Allah semuanya perbuatan Allah. Yang adil adalah ahli sunnah, yaitu perbuatan2 Allah namun usaha datang dari hambanya.

3. Ada kelompok yang berkata bahwa yang berbuat maksiat akan kekal di neraka. Ada yang berkata orang yang berbuat maksiat tidak disiksa dan langsung ke surga  kalau jalan tengahnya, orang maksiat itu di siksa tapi tidak kekal di neraka jika dia mukmin.

Adil juga mencakup perbuatan anggota : Seperti infaq. Ada yang bakhil dan ada yang tabzir, yang adil adalah kita mengeluarkan uang tapi untuk di jalan Allah, maka ini yang adil.

الإحسان: المبالغة في أداء الطاعة زيادة على قدر الواجب

Kalau kita hanya sholat zuhur 4 rokaat maka disebut adil. Tapi kalau sholat qobliyah badiyah maka di sebut ihsan.

Kalau kita biasa makan beras Cianjur kemudian kita zakat fitrah dg Cianjur maka itu adil. Tapi kalau zakat dg beras yang mahal lagi maka ihsan.

Kalau kita jual kain 1 meter di tambahkan 5 cm maka  itu ihsan.

Kalau pas 1 meter di sebut ADIL kalau kurang dari 1 meter di nama kan ZALIM


QS. An Nahl (16) ayat 90

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ۝

 

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.

 Keluarga saling bantu membantu

Di dalam diri manusia pasti ada sifat kebinatangan makanya bisa makan minum tidur. Dan pada diri manusia ada sifat kebuasan makanya ada marah dan cemburu. Dan di dalam hati manusia ada sifat syaiton.                                        

Fahsya timbul dari sifat kebinatangan yang tidak terkendali seperti zina dan homoseksual. Seperti memakan harta orang yg bukan haq.

Mungkar adalah maksiat yang timbul karena kebuasan yang ada dalam diri kita seperti menyakiti, memukul, menyindir orang lain.

Albagyu yaitu maksiat yang timbul dari sifat syaitoniyah seperti sombong, ujub, haus kekuasaan, menipu, mengajak orang kepada jalan sesat dan kebatilan


Video ke 24

Tafsir Surat Al-Isra [17]

 

·       Al-Isra' · Ayat 1

·       سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ ۝١

·       Mahasuci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

·       Nabi diperlihatkan tanda tanda kekuasaan Allah seperti surga dan neraka. Sehingga Nabi tidak terkejut lagi saat yaumul hisab sehingga rasulullah hanya sibuk memberi syafaat kepada umatnya.

·       مررْتُ ليلةَ أُسرِيَ بي بأقوامٍ تُقرضُ شِفَاهُهُمْ بِمَقَارِيضَ من نارٍ ، قُلْتُ : من هؤلاءِ يا جبريلُ ؟ قال : خُطَباءُ أمتِكَ الذينَ يقولونَ ما لا يفعلونَ ويقرؤونَ كتابَ اللهِ ولا يعملونَ بِه

·       أتى على قوم تقرض شفاههم وألسنتهم بمقاريض من حديد ، كلما قرضت عادت كما كانت ، لا يفتر عنهم من ذلك شيء . قال : يا جبريل ، ما هؤلاء ؟ قال : خطباء الفتنة

·       Penceramah yang membuat masyarakat menjadi bermusuhan, kacau dan di provokator bagi masyarakat yang tadinya damai walaupun yang disampaikan benar.

·       Contoh sudah beribadah abad di tempat kita sholat tarawih 20 rokaat. Terus datang penceramah yang mengatakan 20 rokaat tidak benar dan tidak di contohkan nabi dll.

·       Begitu juga di suatu tempat sudah berabad abad sudah solat tarawih 8 rokaat. Akhirnya datang penceramah yang mengajak 20 rokaat.

·       Imam syafii sholat di masjid yg terdapat kuburnya imam abu hanifah dan ketika sholat subuh tidak qunut. Kemudian di tanya muridnya kenapa tidak berqunut. Saya menghormati orang yang ada di dalam kubur ini. Ini contoh menghargai pendapat orang lain

·       Kecuali jika kita datang ke suatu tempat dan di situ ada dosa dan kesesatan.

·       Nabi juga di perlihatkan wanita yang di gantung di ujung matanya karena dia  tidak mau menyusui anaknya tapi mengambil upah dari menyusui anak orang lain.

·       قال: بر ولدك، كما أن لوالديك عليك حقا كذلك لولدك عليك حقا

·       Berbaktilah kepada anak engkau sebagaimana kedua orang tua punya hak maka anak juga punya hak.

·       Maksudnya berbakti kepada anak itu bagaimana?

·       Mencari pasangan hidup yang sholeh

·       Membaguskan namanya

·       Mengaqiqahi jika kita mampu

·       Memberikan nafkah dg harta yang halal

·       Mengajari hukum islam dan adab. Ajarkan rukun islam iman dan ihsan.makanya kalau di masukkan pesantren lebih bagus dan setiap ibadah yang dikerjakan anak orang tua dapat.

·       Mengawinkan anak

·       عن علي بن أبي طالب رضي الله عنه قال : ( دخلت أنا وفاطمة على رسول الله صلى الله عليه وسلم ، فوجدته يبكي بكاء شديدا ، فقلت : فداك أبي وأمي يا رسول الله ما الذي أبكاك ؟ فقال صلى الله عليه وسلم : يا علي ! ليلة أسري بي إلى السماء رأيت نساء من أمتي في عذاب شديد ، وأذكرت شأنهن لما رأيت من شدة عذابهن : رأيت امرأة معلقة بشعرها يغلي دماغ رأسها . ورأيت امرأة معلقة بلسانها والحميم يصب في حلقها . ورأيت امرأة معلقة بثديها . ورأيت امرأة تأكل لحم جسدها والنار توقد من تحتها . ورأيت امرأة قد شد رجلاها إلى يدها وقد سلط عليها الحيات والعقارب . ورأيت امرأة عمياء في تابوت من النار يخرج دماغ رأسها من فخذيها وبدنها يتقطع من الجذام والبرص . ورأيت امرأة معلقة برجليها في النار . ورأيت امرأة تقطع لحم جسدها في مقدمها ومؤخرها بمقارض من نار . ورأيت امرأة تحرق وجهها ويدها وهي تأكل أمعاءها . ورأيت امرأة رأسها رأس خنزير وبدنها بدن حمار وعليها ألف ألف لون من بدنها . ورأيت امرأة على صورة الكلب والنار تدخل من دبرها وتخرج من فمها والملائكة يضربون على رأسها وبدنها بمقاطع من النار . فقالت فاطمة : حسبي وقرة عيني ، أخبرني ما كان عملهن وسيرهن حتى وضع الله عليهن هذا العذاب ؟ فقال صلى الله عليه وسلم : يا بنيتي ! أما المعلقة بشعرها فإنها كانت لا تغطي شعرها من الرجال . أما المعلقة بلسانها كانت تؤذي زوجها . أما المعلقة بثديها فإنها كانت تمتنع عن فراش زوجها . أما المعلقة برجلها فإنها كانت تخرج من بيتها بغير إذن زوجها . أما التي تأكل لحم جسها فإنها كانت تزين بدنها للناس . أما التي شد رجلاها إلى يدها وسلط عليها الحيات والعقارب فإنها كانت قليلة الوضوء قذرة اللعاب وكانت لا تغتسل من الجنابة والحيض ولا تنظف وكانت تستهين بالصلاة . أما العمياء والصماء والخرساء فإنها كانت تلد من الزنا فتعلقه بأعنق زوجها . أما التي كانت تقرض لحمها بالمقارض فإنها كانت قوّادة . أما التي رأسها رأس خنزير وبدنها بدن حمار فإنها كانت نمّامة كذابة . أما التي على صورة الكلب والنار تدخل من دبرها وتخرج من فمها فإنها كانت معلية نواحة. ثم قال صلى الله عليه وسلم : ويل لامرأة أغضبت زوجها ، وطوبى لامرأة رضي عنها زوجها )

·       ثم أوتيـت بثياب بيض وخضر وصفر وسود فاخترت الابيض فقال جبريل : الثياب البيض ثياب اهل الاسلام والخضر ثياب اهل الجنة و الصفر ثياب اهل الكتاب و السود ثياب اهل النار




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tafsir Surat Thaha

30. TAFSIR SURAT ARRUM