Tafsir Surat Al-A'raf

 14. SURAT AL’ARAF

A'rāf (bahasa Arab: اَعْراف ) merupakan diantara konsepsi-konsepsi Al-Qur'an tentang Ma'ad. A'rāf adalah sebuah tempat yang terletak diantara penghuni surga dan neraka. Kata ini disebutkan dua kali dalam Al-Qur'an (surah Al-A'raf ayat 46 dan 48).

 

Siapa yang menempati al-a’raf itu?

1.  orang yang seimbang amal baik dan buruknya

amalan yang bisa memberatkan amal di timbangan

Hadits Bukhari Nomor 7008

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَلِمَتَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيلَتَانِ فِي الْمِيزَانِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ada dua kalimat yang disukai Ar Rahman, ringan di lisan dan berat di timbangan, yaituSUBHANALLAH WABIHAMDIHIdan SUBHAANALLAAHIL'AZHIIM."

أن رجلا جاء إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال تولت عني الدنيا وقلت ذاتيدي فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم فأين أنت من صلاة الملائكة وتسبيح الخلائق وبها يرزقون قال فقلت وماذا يا رسول الله قال قل سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم أستغفر الله مائة مرة ما بين طلوع الفجر إلى أن تصلى الصبح تأتيك الدنيا راغمة صاغرة ويخلق الله عز وجل من كل كلمة ملكا يسبح الله تعالى إلى يوم القيامة لك

Bahwasanya seorang laki-laki datang kepada Rasulullah  lalu ia berkata: “Dunia berpaling dariku dan sedikit di tanganku (miskin)”, Lalu Rasulullah  bersabda: “Maka dimanakah kamu dari permohonan rahmat oleh para Malaikat dan tasbih para makhluk, dan dengannya mereka diberi rezeki?” ia berkata: Lalu saya berkata: “Apakah itu wahai Rasulullah?”, Beliau bersabda: “Ucapkanlah: SUBHAANALLAAHI WABIHAMDIHI SUBHAANALLAAHIL ‘AZIIMI ASTAGhFIRULLAH (Maha Suci Allah denga segala pujiNya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung, Saya memohon ampun kepada Allah)” baca seratus (100x) kali antara terbitnya fajar sampai solat subuh maka dunia datang dengan hina dan kecil (tidak sombong) dan Allah ‘Azza Wa Jalla menciptakan dari setiap kata akan satu Malaikat yang mentasbihkan Allah Ta’ala sampai hari kiamat yang pahalanya untukmu”. (Ihya Ulumiddin)

 

Diriwayatkan bahwa seorang sahabat mengeluh kepada Rasulullah saw. dan berkata:

Ya Rasulallah, kenapa dunia seolah-olah tidak menginginkanku, semua usahaku bangkrap,tak jadi, bungkus, peternakan dan pertanianku pun selalu gagal?”

Sambil tersenyum Nabi Muhammad 

mengajarkan tentang tasbihnya para Malaikat, serta tasbihnya penghuni alam semesta yaitu kalimat:

سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم استغفر الله

SUBHAANALLAAHI WA BIHAMDIHI SUBHAANALLAAHIL ‘AZIIM ASTAGhFIRULLAAH.

Lalu Nabi  bersabda:

Bacalah seratus (100) kali sebelum terbit fajar (sehabis solat Qobliyah Subuh), maka dunia akan memohon kepada Allah agar engkau miliki (mengejarmu tanpa kau mengejarnya)”.

Selang beberapa bulan kemudian, sahabat tadi kembali lagi dan bercerita: Ya Rasulallah sekarang aku bingung dengan hartaku kemana harus aku letakkan hasil usaha dan peternakanku kerana banyaknya”. (Diriwayatkan oleh Al Khatib Al Baghdadi dari Imam Malik. Dikutip dari Kitab :  أبواب الفرج oleh Prof. Dr. As Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki)

Adapun hadits Abu Darda’ dari Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:

مَا مِنْ شَيْءٍ أَثْقَلُ فِي الْمِيزَانِ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ  

“Tidak sesuatu yang lebih berat timbangannya di atas mizan dari pada akhlak baik”. (HR. Abu Daud: 4799

2.  Orang yang matisyahid tapi tidak direstui orang tua

3.  Ahli ibadah yang ketika mati belum sempat membayar hutang

4.  Orang orang yang ketika di dunia  dia beramal amalan yang dijamin oleh Allah tidak akan masuk neraka akan tetapi ia memperbuat suatu dosa yang ancamannya tidak akan masuk surga. Contoh : barangsiapa yang sholat 40 kali di masjid nabawi maka di jamin tidak masuk neraka. Begitu juga siapa yang bersholawat 100x sehari maka dijamin selamat dari neraka. Begitu juga yang sholat qobliyah dan badiah dzuhur maka ia akan selamat dari neraka. Tapi dia juga beramal amalan yang menghalanginya masuk surga seperti bakhil (لا يدخل الجنة البخيل). Siapa itu bakhil yaitu orang yang rela mempertaruhkan hartanya walaupun dirinya teraniaya. Contoh: seharusnya iuaran 10,000 tapi ia hanya membayar 5000 dan dia rela jika di caci maki satu kampung.

5.  Anak zina tapi sholeh. Karena badannya tumbuh dari sesuatu yang haram. (ini pendapat sebagian ulama)

 

Para sahabat ahli perang badar memohon untuk bisa berada di al’arof dari pada harus ke neraka terlebih dahulu.

Setelah beberapa tahun orang yang berada di al’araf ini akhirnya masuk surga berkat syafaat Rasulullah Saw (lihat tafsir al-duror mansyur imam syuyuthi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

67Tafsir Surat Al-Mulk

Tafsir Surat al-Anbiya

52. TAFSIR SURAT ATH THUUR